Jumat, 19 April 2013

5 cara cerdas dalam belajar






 1. Memperhatikan: Belajar yang baik dimulai di kelas
Berikut adalah teka-teki bagi Kamu: Apakah Kamu tahu bahwa sebelum Kamu mulai belajar, Kamu sudah mulai? Hah? Inilah yang kita maksud. Ketika Kamu memperhatikan pelajaran di kelas dan mencatat dengan baik, Kamu sudah memulai proses belajar dan belajar.
Apakah Kamu memiliki kesulitan memperhatikan pelajaran di kelas? Apakah Kamu duduk di samping orang yang ribut? Apakah sulit untuk melihat papan tulis? Pastikan Kamu sedang duduk di sebuah kursi yang baik yang memungkinkan Kamu perhatikan pelajaran. Beritahu guru atau orang tua tentang masalah yang kamu alami dalam memperhatikan dan mencatat dengan  baik pelajaranmu.

2. Catatan yang baik = Memudahkan Belajar
Jangan lupa untuk mencatat hal-hal penting  yang disampaikan dan ditulis  guru selama di kelas dengan tetap konsentrasi . Cobalah yang terbaik untuk menggunakan tulisan tangan yang baik sehingga Kamu dapat membaca catatan Kamu nanti. Ini juga ide yang baik untuk menyimpan catatan kamu untuk di buka kembali ketika ada yang terlupakan

3. Rencanakan (planning) dan Kamu akan senang melakukannya
Menunggu sampai Kamis malam untuk belajar untuk ujian hari Jumat akan membuat kamu kurang menikmati atau tidak menyenangkan! Hal ini juga membuat kita sulit untuk melakukan yang terbaik. Kadang kita semua bersalah menempatkan waktu luang. Oleh karena itu salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa itu tidak terjadi adalah “merencanakan.”

 
4. Hilangkan kebingungan - Minta Bantuan
Kamu tidak dapat belajar secara efektif jika Kamu tidak memahami materi. Pastikan untuk bertanya kepada guru Kamu untuk membantu jika Kamu bingung tentang sesuatu. Kamu dapat memeriksa sendiri dengan membaca catatan Kamu. Apakah itu semua masuk akal? Jika tidak, tanyakan kepada guru untuk menjelaskan kembali untu kKamu. Jika Kamu di rumah ketika kebingungan terjadi, ibu atau ayah mungkin bisa membantu.

5. Istirahat yang cukup!
Besok kamu akan ujian - tapi tiba-tiba Kamu tidak dapat mengingat apa-apa, bahkan 2 +2! Lupa jawabannya, Jangan panik. Otak Kamu membutuhkan waktu untuk mencerna semua informasi yang Kamu berikan. Cobalah untuk tidur malam yang baik dan cukup dan Kamu akan terkejut dengan semua yang kamu ingat di pagi hari.

Sumber : Dzakone News

2 komentar:

  1. Septa aldi arianto8 Mei 2013 pukul 23.43

    ternyata begitu cara belajar yang baik saya akan meniru/melakukan agar saya dapat cerdas

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hanya salah satu cara belajar dari sekian banyak cara belajar, silahkan dipraktekkan semoga bisa bermanfaat

      Hapus